Minggu, 18 Agustus 2013

Cukup Dengan Hormat

Kalau menurutmu semua agama sama, harusnya kamu bisa bisa pilih agama yang kamu mau dengan capgoci
Kalau menurutmu semua agama sama, lalu kenapa kamu tidak coba masuk agamaku saja?
Tidak bisa? Tidak mau? Kenapa? Karena kamu pasti merasa agamamulah yang terbaik.

Saya pun begitu. Saya tidak pernah mau bilang kalau semua agama sama. Saya tidak bisa bilang kalau semua agama baik. Tidak bisa..tidak mau..karena menurut keyakinan saya, agama sayalah yang paling baik. Oleh karena itu saya tidak berpaling kepada Tuhan kalian yang lain, saya tidak men-Tuhankan yang lain, atau bahkan menghilangkan keberadaan Tuhan sama sekali.

Saya fanatik?Bukan. Saya tidak suka menimbulkan konflik atau kerusuhan yang serius. Saya hanya memegang teguh apa yang saya anggap benar. Saya tidak suka memperdebatkan keyakinan. Bagiku agamaku..bagimu agamamu. Ini soal yakin. Banyak hal yang tidak bisa dijabar akal tentang Ketuhanan .Banyak hal yang tidak bisa dijelaskan kenapa. Banyak hal yang harus diyakini cukup dengan Allahu a'lam. Tapi ini memang bukan kerjanya akal. Hal-hal ghaib kerjanya iman. Iman jugalah yang akan terus menjadi benteng dari tiupan angin kemajemukan, serbuan globalisasi, dan guncangan liberalisme. 

Apa yang salah dengan kemajemukan? Tidak ada. Sikap kita terhadapnya yang kadang menimbulkan keriuhan baru. Kemajemukan itu perbedaan. Tidak bisa disamaratakan. Apalagi kemajemukan dalam beragama. Cukuplah dengan saling menghormati. Tidak saling mengkritisi, tapi tidak juga mengakui kebenaran keyakinan yang lain. Tidak mencaci, tidak membenci, dan tidak saling menyulut emosi karena siapapun tidak akan suka keyakinannya diusik. Kalau diusik pasti akan konflik. 

.....Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.....
(QS: Al-Maidah Ayat: 3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar