Rabu, 13 Desember 2017

Tentang Social Media



Gambar dari sini

Akhir-akhir ini saya sering berpikir tentang social media. Bukan pikiran yang berat-berat, sih. Tapi pikiran yang receh-receh saja. Seperti, "Apa social media favoritmu?" Kalau saya sendiri, yang menjadi favorit saya sebenarnya blog (walaupun sering ditinggal-tinggal), kedua instagram, lalu twitter. Facebook pernah menempati posisi kedua setelah blog, tapi tidak lagi, menurut saya facebook sudah terlalu riuh. Mirip mall, dimasuki hanya jika saya mencari sesuatu yang tidak bisa saya temukan di tempat lain. Btw, saya juga punya Path tapi Path tidak saya masukkan ke dalam list ini karena #imho Path memiliki keriuhan yang sama dengan facebook. Luar biasa, kan? Dengan jumlah teman yang terbatas, feed yang dibagikan bisa menimbulkan keriuhan yang sama dengan facebook. Kenapa ya? Mungkin lain kali saya harus memikirkan ini lebih lanjut...*padahal malas


Facebook itu saya umpakan sebagai teras depan di mana banyak orang yang akan mampir. Jumlah teman di facebook saya pun paling banyak dibanding socmed yang lain karena biasanya apabila ada friend request yang mutual friendsnya cukup banyak dan terhubung dalam satu komunitas yang saya percaya, saya pasti akan approve friend requestnya. Namun, karena itu adalah teras rumah, tentu akan terbatas juga hal-hal yang bisa saya bagikan. Eh, tapi dulu sebelum menikah, saya pernah alay juga sih. Bete dikit sama Om Taurus, update status. Sendirian di kamar, upload foto-foto selfie, nulis puisi sedikit, posting di notes-nya facebook. Padahal pusinya jelek banget kalau dilihat sekarang. Yah, kita memang pernah 4L4Y pada masanya, ya kan? Tapi intinya sekarang, saya menempatkan facebook sebagai teras rumah. Silakan berkunjung dan lihat-lihat, tapi insya Alloh saya tidak akan membuat teman-teman saya terganggu dengan segala kebaperan dan foto-foto muka saya yang segede gaban. Btw, Gaban itu robot Jepang yang pesawatnya tempurnya segede gaban #eh. Tapi sekali-kali saya tetap akan share hal-hal yang menghibur, sedikit foto-foto untuk pelepas rindu teman-teman saya (anjir pede), dan promosi tulisan-tulisan saya yang akan berpengaruh ke kantong tentunya. 

Bergantian dengan facebook untuk menempati posisi ke-3, socmed favorit berikutnya adalah twitter. Well, saya tidak terlalu cerewet di twitter. Bahkan sekarang-sekarang sudah sangat jarang membuka twitter tapi twitter adalah socmed yang membawa saya kembali ke dunia menulis. Selain itu, karena saya memfollow orang-orang yang tepat, twitter, seberapa lama pun saya tinggalkan selalu menjadi tempat yang menyenangkan untuk didatangi kembali. 

Lalu, ada instagram. Kenapa instagram menjadi favorit saya yang nomor dua? Instagram itu saya ibaratkan jendela. Banyak hal-hal bagus yang bisa saya lihat dari sana. Karena instagram memang diperuntukkan untuk pamer foto-foto yang bagus dan juga fokus ke aplikasi edit-mengedit. Walaupun ke sini-sininya instagram jadi menyerupai path karena menjadi tempat untuk posting kegiatan sehari-hari yang biasa-biasa saja tapi fortunately dia tidak benar-benar menyerupai path yang bisa memberitahu kita siapa saja yang melihat foto kita. Fyuuuuh...Tapi baru beberapa bulan ini (iya, gue telat!) saya mencoba fitur instastory di mana kita bisa share kegiatan kita lewat video/gambar/boomerang dan juga bisa mengetahui siapa saja yang melihat instastory saya. Tapi walaupun bisa melihat siapa yang melihat (eh, gimana sih?), tapi tidak ada tombol love or like or laugh di sana. Jadi it's okay lah...

The last. BLOG. Kenapa dia begitu istimewa? Blog, seperti halnya socmed lainnya, tentu bukan ruang pribadi. Apa yang saya tulis di dalamnya tentu adalah hal-hal yang telah saya pertimbangkan untuk layak dibaca oleh orang lain. Tidak menyinggung orang lain dan dapat saya pertanggungjawabkan. Yang menyenangkan dari blog adalah, mereka yang mampir adalah orang yang benar-benar mau membaca. 

Kalau kamu, apa social media favoritmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar