Sabtu, 04 Juni 2022

Sedikit Catatan Setelah Menonton Dokumenter Netflix : The Minimalists : Less Is Now

Sumber gambar : https://www.netflix.com/id/title/81074662


The Minimalists: Less Is Now

Sebagai orang yang isi keranjang belanjaan onlinenya saja sudah 99+ dan hobi nyimpen artefak a.k.a barang-barang masa lampau, nonton ini sama rasanya kayak baca buku Marie Kondo, merasa ditampar bolak balik. Memberi kesadaran bahwa iklan berusaha sangat keras untuk terkesan begitu memahami kita lalu meyakinkan kita untuk membeli lebih banyak barang karena merasa sangat membutuhkannya. Padahal tidak.


Butuh keteguhan hati di tengah bombardir ads untuk mengerti bahwa apa yang ditawarkan tidak selalu cocok dengan apa yang kita butuhkan karena jika tidak, kita akan benar-benar terjebak dalam semesta keinginan yang tidak terbatas hingga kita tidak lagi paham apa yang benar-benar penting, "...buying things that you don't really need, with money you don't really have, to impress people you don't even really like."

Belum lagi tumpukan barang sentimental yang tidak juga berani kita lepaskan karena historynya dan menganggap bahwa kita menyimpan kenangan di sana padahal benda-benda itu mungkin tidak pernah kita akses lagi selama bertahun-tahun lamanya. Membuktikan bahwa kenangan itu tidak pernah berada di sana. Dengan melepaskan, justru kita bisa menjadikan barang tersebut lebih berguna untuk orang lain dan menambah nilainya.

Social media juga memberi dorongan yang sangat besar untuk terus-terusan membandingkan diri kita (apa yang kita kenakan, model rambut terbaru, gaya hidup terkini) bukan hanya dengan lingkungan sekitar kita tapi juga dengan lingkungan lain yang seringnya memiliki kemampuan finansial lebih (artis, influencer, tokoh publik dll) karena kita dibuat seolah-olah tidak berjarak dengan kehidupan mereka. Ini mengakibatkan referensi kita untuk memiliki sesuatu, semakin luas yang disebut vertical expansion of our reference group.

Pesan kuat yang dibawa oleh dokumenter ini adalah, kita terus-terusan bergantung pada hal yang salah. Kita terus-terusan menilai kemampuan seseorang dari akumulasi kepemilikan benda. Kita juga terus-terusan menambah jumlah benda yang tidak benar-benar kita butuhkan dan menimbunnya hanya karena faktor kenangan.

Worth to watch!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar